Review Eden Lake (2008)


Sutradara : James Watkins

Penulis Skenario : James Watkins

Pemain : Kelly Reilly, Michael Fassbender, Jack O'Connell, Finn Atkins

Genre : Horror, Thriller





Film horror adalah kondisi dimana semuanya tidak akan baik-baik saja, kalo nonton film supernatural horror kebayangkan apa yang bakal terjadi? Biasanya tentang seseorang yang diganggu oleh sesosok makhluk astral, atau ketika nonton film slasher yang terjadi pasti petak umpet antara pembunuh dan korban, dimana korban yang elu suka dari awal film bakal jadi sasaran bengis si pembunuh, atau pas elu nonton natural horror yang terjadi ya liburan elu malah berubah jadi petaka ketika seekor buaya ganas tiba-tiba menggigit dan merobek-robek paha elu, namun tidak semua film horror mampu membuat kondisi buruk itu menjadi baik, banyak juga kok film horror yang gagal karena gak bisa manfaatin kondisi buruk itu sendiri.


Ngomong-ngomong film horror, salah satu alasan gue suka nonton film horror itu ya karena itu tadi, apa yang gue tonton itu bakal "engga baik baik saja" dalam artian film yang gue tonton itu emang berbalik arah sama apa yang gue rasakan. Di dunia nyata gue takut sama yang namanya hantu, tapi di film horror gue dikasih kesempatan buat ditakut-takutin sama hantu, di dunia nyata gue gak tega lah kalo liat orang dibunuh pake gergaji mesin, tapi di film horror gue dikasih kesempatan buat bisa teriak heboh kegirangan liat orang dibunuh pake gerjagi mesin, tapi engga semua film horror bagus bisa bikin gue seneng dan girang doang, kadang ada film horror yang menurut gue bagus tapi malah bikin gue kesel, yaa maksudnya itu gue seneng dan kesel disaat yang bersamaan.
Contoh kecil "The Mist", gue suka film itu tapi film itu juga bikin gue kesel, endingnya yang super duper ngeselin itu bukan bikin gue benci sama "The Mist", tapi malah bikin level suka gue sama "The Mist" makin bertambah. Kalau "The Mist" bikin gue keselnya diending, beda kasusnya sama "Eden Lake" yang baru gue tonton, karena gue dibikin keselnya sepanjang film hingga filmnya berakhir.


Sepasang kekasih, Jenny (Kelly Reilly) dan Steve (Michael Fassbender) menghabiskan waktu akhir pekan mereka di sebuah danau di pinggir kota kecil, semua berjalan biasa saja hingga sekelompok remaja mengganggu mereka, keadaan makin memburuk ketika Steve tidak sengaja membunuh anjing peliharaan milik ketua geng remaja tersebut.
Apa yang coba ditampilkan oleh "Eden Lake" adalah tentang sifat anak remaja yang pada umumnya memang nakal dan tidak bisa mengontrol emosi mereka, remaja yang dikelilingi rasa ingin "kelihatan keren" walaupun itu artinya harus mengorbankan rasa takut dan menghilangkan sifat baik yang ada di dalam dirinya untuk mendapatkan kepuasan yang sifatnya buruk, gue nonton film horror bukan buat nyari pesan filmnya sih, tapi syukur-syukur kalo filmnya udah mengerikan juga ada sedikit sentilan sosial didalamnya, iya kan? haha.



"Eden Lake" bukan tipe film horror yang bakal orang-orang suka, bahkan buat horror junkie, horror addict, apapun itu sebutannya, "Eden Lake" memang bukan tipe film horror yang mudah diterima, ada banyak scene dimana mulut gue mengeluarkan kata-kata sumpah serapah hingga film nya terasa seperti roller coaster yang bikin kepala ini sakit bukan main karena ngeliat tingkah para remaja yang "sok" di film ini. Masih banyak adegan klise memang seperti ketika Jenny lebih memilih untuk meratapi kekasihnya yang tengah disiksa oleh para remaja ketimbang kabur mencari jalan keluar dari hutan dan meminta bantuan, namanya juga film ya kan? kadang penulis naskah memang membuat karakternya terlihat bodoh untuk pengembangan cerita, but it’s okay toh filmnya tetap bisa diam dijalur yang benar kok, menampilkan adegan sadis dan kejar-kejaran antara tokoh utama dan para antagonis dengan begitu rapih, dan mampu membuat situasi makin memburuk tiap menitnya.


"Eden Lake" itu brutal, mengerikan dan benar-benar sangat mengganggu dari awal, dengan ending yang membuat rasa kesal dari awal makin lengkap, sampe-sampe gue pengen ngacak ngacak kamar sambil teriak F**K!!!!

Rating : 4/5

Comments

  1. akhirnya mampir kesini juga..hehhee

    waktu nonton film ini masih belom kebayang Fasbender jadi Magneto & Kelly Reilly jd istrinya Watson temen Sherlock Holmes. hehehe.

    minggu lalu nonton ulang...rasanya sama GEDEG ama KESEL
    berasa mau Mukulin Brad :p hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you udah mampir 😁 Filmnya emang ngeselin, ngaduk emosi 😁😁😁

      Delete
  2. akhirnya mampir kesini juga..hehhee

    waktu nonton film ini masih belom kebayang Fasbender jadi Magneto & Kelly Reilly jd istrinya Watson temen Sherlock Holmes. hehehe.

    minggu lalu nonton ulang...rasanya sama GEDEG ama KESEL
    berasa mau Mukulin Brad :p hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review The Tag-Along : Devil Fish (Hong Yi Xiao Nu Hai Wai Zhuan : Ren Mian Yu) (2018) : Legenda Ikan Iblis Di Taiwan

Review The Grudge (2020) : Kutukan Dendam Membara Yang Seharusnya Berakhir

7 Film Horror Indonesia Terburuk Tahun 2018

Review Arwah Tumbal Nyai "Part Arwah" (2018) : Raffi Ahmad dan Rumah Produksinya, Generasi Baru KK Dheeraj